Resensi Buku Non Fiksi


IDENTITAS BUKU:
- Judul Buku                  : Fisika Modern
- Nama Pengarang       : Prof. Yohanes Surya, Ph.D
- Editor                           : Tim PT Kandel
- Perancang Kulit          : R Teguh Firmansyah
- Ilustrasi                        : Tim PT Kandel
- Tata Letak                    : Tim PT Kandel
- No. Kode Penerbitan : FMBk7/B/06/2009
- Diterbitkan oleh         : PT Kandel
                                          Golden Boulevard Blok U No. 3-6        
                                          Jl. Pahlawan Seribu, BSD CITY Serpong, Tangerang 15322
                                          Telp. (021) 53163394-98, Fax. (021) 53162197
- Cetakan                       : 2009
- ISBN                             : 978-979-1391-28-3

IKHTISAR BUKU:
Buku ini berjudul “Fisika Modern” yang termasuk ke dalam jenis buku non fiksi. Buku ini dijadikan sebagai sarana pembantu dalam pembelajaran fisika khususnya bagi mereka yang akan mengikuti olimpiade fisika. Buku ini memiliki 265 halaman yang di dalamnya terdapat informasi mengenai materi-materi olimpiade fisika yang dikembangkan oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D.
Buku ini diterbitkan oleh PT Kandel pada tahun 2009, buku ini merupakan buku ketujuh dari 7 seri buku fisika lainnya. Dalam buku ini terdapat contoh soal serta konsep-konsep yang berkaitan dengan fisika, khususnya yang disampaikan oleh ilmuwan-ilmuwan terkenal. Selain itu juga terdapat ilustrasi mengenai hasil percobaan yang sedang dilakukan.
Buku Fisika Modern memiliki banyak topik yang menarik untuk dipelajari di dalamnya juga terdapat perbandingan pandangan antara beberapa ilmuan seperti prinsip relativitas milik Newton dengan prinsip relativitas milik Einstein yang dijelaskan melalui beberapa postulat. Selain konsep dan pandangan dari beberapa ilmuwan di dalam buku ini juga dilengkapi dengan rumus-rumus dari persamaan yang sudah dipecahkan

KEPENGARANGAN:
Profesor Yohanes Surya, Ph.D lahir di Jakarta pada tahun 1963, lulus dari jurusan Fisika Universitas Indonesia pada tahun 1986. Beliau menerima gelar doktor di bidang Fisika, cum laude, dari College of William and Mary, Virginia, USA (1994). Beliau mulai melatih Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) yang merupakan inisiatif beliau sejak 1993 dan telah membawa Tim Indonesia meraih prestasi yang mengesankan seyiap tahunnya di ajang Olimpiade Fisika Asia (APhO) dan Olimpiade Fisika Internasonal (IPhO).

KEUNGGULAN dan KELEMAHAN BUKU:
Keungulan dalam buku ini penulis menyajikan konsep-konsep dari beberapa ilmuwan yang kemudian dibuat contoh dalam bentuk soal yang disertai dengan penyelesaiannya. Buku ini juga sangat membantu siswa yang sedang dalam persiapan untuk mengikuti Olimpiade Fisika. Terdapat juga ilustrasi-ilustrasi yang menarik, dan semakin membantu pemahaman dari pembaca. Kelemahan dari buku ini terdapat dari segi sampul, karena buku ini akan ditunjukkan ke siswa mungkin dari sampulnya bisa dibuat lebih berwarna. Kemudian untuk setiap konsep diberikan latihan soal yang berfungsi sebagai evaluasi di setiap konsep tidak hanya per bab.

SUMBER:

Komentar